7 Tips dan Cara Menggoreng Tahu Lebih Gurih dan Lezat

tahu gorengTahu adalah salah satu makanan yang sederhana namun enak dan menjadi favorit. Tahu dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Makanan ini telah mendunia dan banyak variasi dalam menyajikannya. Di Indonesia sendiri tahu adalah makanan yang menjadi digemari dan hampir termasuk dalam macam-macam kuliner di Indonesia. Rasanya yang nikmat serta kandungan gizi yang banyak menjadikan makanan ini meskipun murah namun tidak dapat diabaikan nilai gizinya. Banyak cara untuk menyajikan tahu, namun salah satu cara menyajikan tahu adalah dengan cara digoreng. Berbicara tentang tahu goreng, ada beberapa tips agar tahu
goreng dapat benar-benar gurih dan lezat. Apa saja tipsnya?

  1. Pilihlah tahu yang berkualitas
    Sebelum Anda memulai untuk menggoreng tahu, perlu bagi Anda untuk memilih tahu yang berkualitas atau yang masih baru. Tahu yang masih baru mempunyai rasa yang lebih enak. Tips untuk menyimpan tahu agar selalu baru yakni simpan tahu di dalam lemari es dengan baik, jauh dari makanan yang baunya menyengat. Jika Anda tidak memiliki lemari es, simpan tahu di dalam mangkuk berisi air dan secara rutin ganti airnya setiap 3 sampai 4 jam sekali.
  2. Mengeringkan tahu sebelum masuk penggorengan
    Apakah Anda pernah atau bahkan sering terciprat minyak saat menggoreng? Hal tersebut wajar karena kandungan air di dalam tahu cukup tinggi. Cipratan itu ditimbulkan oleh reaksi antara minyak panas dan air. Jadi, mengeringkan tahu sebelum masuk penggorengan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari cipratan minyak. Caranya dengan mengusap tahu dengan tisu dapur setelah sebelumnya direndam dalam air garam atau larutan bumbu. Agar Anda lebih aman dari cipratan minyak, taburi sedikit tepung pada permukaan tahu setelah dilap dengan tisu dapur. Lalu, tahu dapat langsung dicemplungkan dalam minyak panas. Selain, tekstur luar pada tahu yang lebih renyah, tahu dengan tepung juga tidak akan hancur apabila dioseng atau ditumis.
  3. Mengukus tahu sebelum diolah lebih lanjut
    Supaya tekstur tahu lebih kenyal dan nantinya matang sempurna serta mengandung sedikit air, kukus tahu kurang lebih selama 15 menit. Tahu tidak akan mudah hancur apabila telah dikukus dulu sebelum dimasak. Saat digoreng,
    tahu yang sebelumnya telah dikukus juga akan memiliki warna yang lebih cantik dan matang merata. Kemudian, taburkan sedikit garam saat mengukus agar rasa tahu jadi lebih gurih.
  4. Merendam tahu dengan bumbu sebelum menggorengnya
    Sebelum Anda menggoreng tahu, usahakan agar tahu direndam dengan bumbu kira-kira 20 sampai 30 menit. Tidak hanya bagian luar tahu yang terasa gurih, bagian dalam tahu pun akan ikut terasa gurih dan enak jika direndam dalam bumbu.
  5. Menggunakan minyak yang masih baru
    Gunakanlah minyak yang masih baru supaya mendapat hasil tahu goreng yang lebih enak. Minyak yang masih baru juga akan memperindah warna tahu goreng sehingga lebih cantik dan lebih sehat.
  6. Menggunakan api sedang untuk menggoreng
    Penggunaan api sedang saat menggoreng tahu perlu diperhatikan. Karena api yang terlalu kecil membuat tahu goreng menyerap minyak lebih banyak, sedangkan api yang terlalu besar malah membuat tahu bisa cepat matang bahkan gosong di bagian luarnya saja.
  7. Menggoreng sebelum menumis tahu
    Jika Anda ingin membuat tumisan dari tahu susu yang mempunyai tekstur lebih lembut, gorenglah potongan tahu dalam minyak panas terlebih dahulu sebelum diolah menjadi tumisan. Supaya lebih renyah, lumuri dengan tepung maizena sebelum digoreng sehingga tahu lebih renyah dan tidak mudah hancur.

Nah, sobat inilah diantara tips dan cara menggoreng tahu agar lebih gurih dan nikmat.
Selamat mencoba!

Leave a Reply