Berwisata Budaya di Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Ceritakeluarga.com – Jika anda merasa bosan dengan wisata yang begitu begiti saja, maka anda perlu mencoba untuk berkunjung dan berwisata di Kampung Budaya Sindangbarang Bogor. Bogor memang telah menjadi satu daerah di Indonesia yang punya pontensi wisata besar. Banyak sekali tempat wisata di Bogor, mulai dari wisata alam, wisata keluarga, wisata kuliner, wisata edukasi, sampai dengan wisata budaya yang salah satu objek wisatanya adalah Kampung Budaya Sindangbarang. Letak wisata budaya yang satu ini adalah di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, jarak dari pusat kota Bogor kurang lebih 5 kilometer saja. Kampung Budaya Sindangbarang ini merupakan satu kampung yang paling tua di kota dan juga kabupaten Bogor, berdasarkan sumber dari naskah Pantun Bogor dan juga Babad Pajajaran. Kampung Budaya Sindangbarang jadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin berwisata ke Bogor dan mengenal kearifan lokal dari akar tradisi kebudayaan karena dirini ada sebanyak 8 macam jenis kesenian Sunda yang telah direvitalisasi serta dilestarikan oleh para penduduknya. Anda pun bisa menemui beragam situr purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran disini yang berupa bukit-bukit berundak.

Tempat wisata di Bogor

Berwisata Budaya di Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Banyak hal menarik yang bisa dijumpai pada tempat wisata di Bogor yang satu ini. Guna menjaga dan juga tetap melestarikan kesenian tradisional, di kampung budaya ini digelar pelatihan tari serta juga gamelan untuk para anak muda dan itu pun dilakukan secara gratis. Nantinya, anak-anak muda yang mengikuti pelatihan tersebut bakal diikut sertakan pada sebuah pentas untuk menyambut kehadiran tamu. Di Kampung Budaya Sindangbarang ini anda juga bisa menemui berbagai rumah adat tradisional Sunda Bogor ataupun lumbung padinya yang berjejer. Ini akan memberikan suasana yang menarik untuk berwisata, karena ada suasana pedesaan yang kuno dan ini jelas jadi wisata yang anti mainstream di Bogor karena akan jarang ditemui tempat wisata yang seperti ini.

Nah, kegiatan-kegiatan wisata yang bisa anda lakukan di Kampung Budaya Sindangbarang juga banyak. Anda bisa melakukan traking ke beragam situs purbakala dengan melewawati sawah dan juga sungai. Kemudian anda juga bisa belajar tari klasik kreasi pada tempat wisata di Bogor yang satu ini. Rafting di sungai Ciberang pun bisa. Untuk bersantai, bagi anda yang hobi membaca buku juga tersediua perpustakaan disini dengan beragam kolek buku tentang budaya, sastra ataupun sejarah.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menghemat Biaya Makan Selama Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *