Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar dan Nikmat

Meski berulang kali dilarang untuk sering-sering minum kopi, tapi entah kenapa larangan itu sangat sulit untuk diindahkan. Ya meskipun sudah bolak balik ke dokter karena mengeluhkan masalah perut yang kurang bersahabat dengan kopi, tapi sarannya tetap sama “dikurangi saja pelan-pelan”. Atau cara lain, jangan pernah minum kopi dalam keadaan perut kosong.

Sebanarnya, minum kopi bukanlah kebiasaan buruk. Kopi juga memiliki segudang manfaat kesehatan yang bisa mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Soal apakah kopi membawa dampak buruk atau dampak baik, sebenarnya tergantung dari bagaimana cara kita mengkonsumsi kopi. Bila dilakukan dengan tepat, efeknya akan sangat baik.

Cara Membuat Kopi 

cara membuat kopi

Salah satu kopi yang tengah popular saat ini adalah kopi tubruk. Dilihat dari namanya saja, ini merupakan kopi khas Indonesia. Tubruk dalam bahasa jawa berarti tabrakan atau berpapasan. Di Indonesia sendiri hampir setiap daerah mempunyai jenis dan sebutan sendiri untuk kopi ini. Namun untuk cara pengolahan dan penyeduhannya tetap sama. Saah satu aroma yang paling disukai oleh para penikmat kopi adalah rasanya yang pahit-pahit namun ngangenin.

Artikel Menarik : Dampak buruk AC (Air Conditioner) Bagi Kesehatan

Jadi untuk para penikmat kopi sejati, meskipun kopi tubruk terlihat sederhana namun cita rasanya dan aromanya lah yang terbaik. Lantas bagaimana sih cara membuat kopi tubruk yang benar agar mendapatkan cita rasa yang nikmat. Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara membuat kopi dengan metode tubruk yang benar dan nikmat.

  1. Pilihlah kopi yang segar atau fresh roast. Untuk yang freah roast tunggu selama 3-4 jam agar menghasilkan kualitas kopi terbaik. kopi yang segar bisa menghasilkan aroma dan rasa kopi terbaik. sangat beda jauh dengan kopi yang sudah lama disimpan. Tetapi sebagainya jangan pilih kopi yang baru dipetik.
  2. Selanjutnya ambilah kopi fresh riast tadi sebanyak 10 gram. Kemudian grinder dengan mes berukuran 15-20 dengan jenis medium. Jadi tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar.
  3. Awas jangang menggunakan air panas atau mendidih lebih dari 100 derajat celcius untuk menyeduhnyanya. Cara yang benar adalah seduh kopi dengan air menggunakan suhu 90-96 derajat celcius.
  4. Selanjutnya tuangkan air panas pada suhu tadi kedalam cangkir yang telah berisi bubuk kopi. Diamkan kira-kira 2-4 menit sebelum diaduk. Langkah ini bertujuan agar seluruh aroma dan cita rasa kopi keluar dengan sempurna. Dengan begitu kamu akan merasakan sensai kenikmatanny
  5. Oh ya, sangat disarankan buat kamu untuk minum kopi tanpa gula. Agar kamu tahu, gimana sih rasa alami dan tekstur kopi yang sesungguhnya. Jadi dengan begini, kamu bakal tahu bagaimana perbedaan kopi dari tiap daerah.
  6. Cara membuat kopi tubruk yang benar selanjutnya adalah menambahkan gula. Tapi ini hanya untuk kamu yang tak suka rasa pait kopi. Jika kamu tetap ingin menambahkan gula karena tidak terlalu suka rasa pahit, kamu bisa memilih gula aren untuk mengakalinya.
  7. Terakhir, jika kamu ingin sensasi rasa lain dari kopi, kamu bisa mencampurkan susu ataupun krim. Dan kopi siap dinikmati.

Tubruk sendiri merupakan salah satu metode penyajian kopi sederhana untuk menghasilkan bahkan mengetahui rasa kopi yang sesungguhnya. Biasanya nih kopi tubruk menjadi pilihan para ahli untuk uji cita rasa cupper demi mendapatkan karakter alami dengan cara diseruput. Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai cara membuat kopi tubruk yang benar dan nikmat.

Leave a Reply