Cara Membuat Sabun Cuci Piring Herbal

Saat ini, memang banyak sekali sabun cuci piring dengan merk – merk yang terkenal di jual di pasaran. Harganyapun sangat beragam, tergantung dari merk sabun cuci tersebut. Biasanya sabun cuci piring yang berbahan dasarkan herbal relatif cukup mahal dibandingkan sabun merk terkenal dari pabrikan, hal ini dikarenakan sabun cuci piring herbal ini sangat aman untuk di gunakan membersihkan peralatan dapur. Cara membuat sabun cuci piring herbal pun sangat mudah, mengingat saat ini sangat banyak home industri yang membuat sabun cuci piring. jadi tidak ada salahnya jika kita ikut bersaing dengan orang lain demi menambah penghasilan.

Sebelum memulai membuat sabun cuci piring herbal maka ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, yang di antaranya adalah panci, gelas ukur, pengaduk, wadah kaca tahan panas dan yang terpenting adalah botol penyimpanan, guna untuk menyimpan sabun cuci piring ketika sudah jadi ini bisa menggunakan botol plastik maupun yang terbuat dari kaca. Setelah itu bahan – bahan yang harus di persiapkan adalah minyak zaitun, namun usahakan minyak zaitun yang tanpa aroma, minyak kelapa secukupnya, air yang sudah mendidih, Gliserin secukupnya, KOH (potassium hydrixide) secukupnya, dan yang terakhir adalah minyak wangi atau wangi – wangian yang sesuai dengan selera.

Adapun cara membuat sabun cuci piring herbal adalah sebagai berikut;

1. Sebelum memulai jangan lupa untuk membuat sabun cuci ini lakukan metode double boiling. Letakan panci di atas kompor, lalu masukan wadah kaca berisikan gliserin, terus panaskan hingga mendidih, setelah itu masukan KOH sedikit demi sedikit secara perlahan dan aduk hingga KOH dengan gliserin tercampur.

2. Setelah larutan gliserin selesai di aduk, angkat dan sisihkan. Dengan metode double boiling seperti tadi masukan minyak zaitun dan minyak kelapa, aduk perlahan beberapa menit hingga mendidih, setelah itu masukan parfum dan larutan KOH, aduk hingga merata kurang lebih 2 jam lamanya. Karena waktu pemasakan cukup lama, pastikan air yang ada di dalam panci jangan sampai habis, ketika berkurang tambahkan secukupnya.

3. Campuran yang sudah jadi akan berubah seperti lem sepatu, untuk mengetes kematangan sabun cuci ini campurkan sedikit cairan dengan air mendidih, apabila warna yang dihasilkan masih keruh maka masak lebih lama lagi. Apabila bening maka proses membuat mesin cuci telah selesai

4. Apabila proses pembuatan sudah selesai, angkat dan dinginkan di udara terbuat, setelah itu masukan ke dalam botol yang sudah di sediakan. Dan sabun cuci piring herbalpun sudah siap di pakai atau di pasarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *