CARA MENDIDIK BALITA MENJADI ANAK YANG SHOLEH

CARA MENDIDIK BALITA MENJADI ANAK YANG SHOLEH – Mempunyai anak sholeh adalah idaman tiap-tiap keluarga. Di samping juga sebagai penerus keturunan, nantinya anak sholeh akan jadi investasi di waktu mendatang. Pada umur awal, seseorang anak bakal lebih gampang untuk terima pergantian daripada saat ia sudah dewasa. Serta pada umur awal tersebut, saat pembentukan jati diri, pola pikir serta watak sang anak tengah berproses.

CARA MENDIDIK BALITA MENJADI ANAK YANG SHOLEH

Dalam saat pembentukan tersebut, orang-tua sebaiknya memberi perannya dengan cara maksimal. Orang-tua mesti dapat memberi dampak positif pada sang anak. Isilah kepala, hati serta jiwa anak anak yang tengah dalam sistem pembentukan itu dengan nilai nilai yang baik. Orangtua mesti bisa jadi filter untuk beragam unsur negatif yang bisa merusaknya. Jangan sempat sang anak malah beroleh pengaruh-pengaruh negatif dari luar.

Karenanya, langkah paling baik untuk jadikan seseorang anak jadi sholeh/sholehah sebaiknya dikerjakan mulai sejak awal. Waktu memorinya belum terkontaminasi dengan pengaruh-pengaruh negatif. Anda bisa mulai membiasakan banyak hal tersebut pada diri serta anak anda mulai sejak awal :

1. Bangunkan shubuh mulai sejak balita
Bangun pada saat shubuh yaitu suatu kesibukan yang sangatlah berat untuk beberapa orang yg tidak umum untuk mengerjakannya. Karenanya, membiasakan bangunkan anak pada saat shubuh mulai sejak balita yaitu langkah paling baik untuk membuatnya juga sebagai sebagai suatu rutinitas.

2. Berikanlah lingkungang pergaulan serta pendidikan yang islami
Lingkungan serta pergaulan yaitu salah satu aspek utama dalam pembentukan ciri-ciri seseorang anak. Jadi, dalam hal semacam ini anda bisa mengawalinya dengan kirim anak anda ke TPA (Taman Pendidikan Al Quran) atau ikuti kursus-kursus islam di Masjid dsb.

3. Janganlah egois!
Orangtua yaitu teladan yang pertama untuk anaknya, jadi jadilah teladan yang paling baik untuk anak anda. Janganlah berlaku egois. Janganlah cuma memerintahkan anak anda untuk mengaji atau pergi sholat berjamaah, sedang anda tak mengerjakannya. Lantaran hal itu bakal menyebabkan pembangkangan pada anak, minimum dengan cara kejiwaan.

4. Safari Masjid
Bawalah anak anda untuk lakukan safari masjid minimum sepekan sekali. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk menanamkan rasa cinta pada masjid serta sholat berjamaah dihati anak.

5. Perkenalkan batasan aurat mulai sejak dini
Biasanya, langkah kenakan pakaian kita sekarang ini yaitu rutinitas yang telah kita bawa mulai sejak kecil. Seseorang anak dibiasakan memakai baju yang ketat, dibiasakan kenakan pakaian tanpa ada jilbab, jadi hal itu bakal terbawa sampai remaja serta dewasa. Rutinitas ini bakal sangatlah susah sekali untuk merubahnya. Dengan argumen gerah, panas, tidak nyaman, repot, tidak gaul, tidak PD, serta dengan seribu argumen yang lain mereka bakal menampik pemakaian baju yang tutup aurat.

Bila kita mengenalkan batasan aurat pada anak kita serta membiasakannya untuk memakai baju yang tutup aurat mulai sejak awal, insya Allah keadaannya bakal berbalik. Ia bakal terasa berdosa, malu, tidak nyaman, bersalah, serta menampik untuk berpindah ke baju-pakaian yg tidak menurut aurat. Ia bakal memikirkan seribu kali, bahkan juga tak terpikir sekalipun serta sedikitpun untuk mengerjakannya.

6. Senantiasa membawa perlengkapan sholat
Sampaikan pada anak selalu untuk membawa perlengkapan sholat dimanapun mereka pergi seumpamanya bakal melalui masuknya saat sholat.

7. Meminimalkan dengarkan musik-musik non islami
Minimalisir dengarkan lagu-lagu non islami seperti lagu-lagu picisan, rock, barat, dan sebagainya. Optimalkan membaca AL Quran berjamaah, dengarkan kaset mu’rotal, dengarkan kaset ceramah atau nasyid islam.

8. Buat jadwal nonton TV
Sebaiknya, orangtua tak membiasakan melihat acara TV berbarengan anak yg tidak memiliki kandungan unsur pendidikan pada anak, umpamanya sinetron, film horor, film-film cengeng (romantika), dan sebagainya.

9. Sampaikan nilai-nilai islam dengan cara langsung
Sampaikan nilai-nilai islam yang anda kuasai dengan cara segera pada anak anda mulai sejak awal. Berikan dengan bahasa-bahasa yang menarik, umpamanya lewat suatu narasi.

10. Bacakan hadits Rasulullah saw serta ayat Al Quran
Bacakan hadits Rasulullah saw serta ayat Al Quran, sesuai sama kandungan kekuatan si anak. Sambungkan hadits serta ayat Al Quran saat kita memberi nasehat atau teguran tentang perilakunya sehari-hari.

11. Jadilah teman dekat setia baginya
Perkecil tunjukkan sikap menggurui pada anak, berlakulah juga sebagai seseorang teman dekat dekatnya. Jadilah tempat sharing yang nyaman, hingga persoalan anak akan tidak di sampaikan pada orang yang salah, yang pada akhirnya bakal memberi jalan keluar yang salah juga.

12. Buat nuansa kehangatan
Nuansa hangat serta serasi dalam keluarga bakal memberi kenyamanan untuk semua anggotanya, termasuk juga anak. Hal semacam ini bakal mengecilkan masuknya dampak jelek dari luar pada anak. Ia akan tidak mencari tempat di luar sana yang ia anggap tambah nyaman daripada di tempat tinggalnya sendiri.

13. Berikan dengan dengan bijak, sabar, serta tanpa ada bosan
Ingat! Yang tengah anda bentuk yaitu makhluk bernyawa, bukanlah makhluk yg tidak bernyawa. Jadi berikan seluruhnya dengan penuh kesabaran, kebijaksanaan, serta janganlah pernah terasa jemu untuk mengulangnya. Janganlah memakai kekerasan, serta jauhi emosi yang bakal bikin anak sakit hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *