Cara Menggendong Bayi Yang Sehat Dan Benar

Banyak diantara orang tua baru yang kebingungan bagaimana cara menggendong bayi mereka, sehingga beberapa diantaranya memilih untuk meminta bantuan baby sitter karena tak bisa mengurus sendiri buah hati. Padahal sebenarnya tanggung jawab utama untuk buah hati memang dari orang tua sendiri. Sebenarnya menggendong tak hanya bentuk interaksi saja, melainkan juga memberikan kasih sayang bagi buah hati Anda.

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggendong yang tepat, berikut ini ada beberapa tips menggendong bayi yang dapat Anda aplikasikan, diantaranya adalah :

  1. Gunakan gendong yang nyaman, bagi Anda yang masih pemula dan kurang bisa menggendong secara langsung, maka dapat mengandalkan gendongan. Alat ini memiliki banyak sekali variasi, mulai dari yang selempangan biasa hingga langsung pakai, semuanya disesuaikan dengan kenyamanan.
  2. Sebaiknya untuk buah hati yang masih berusia di bawah 1 bulan Anda menggendong menggunakan bantal, sangga bagian kepalanya, karena mereka masih belum kuat untuk mengangkat kepala.
  3. Sebaiknya menggendong sambil menimang, untuk bayi yang baru lahir, menggendong dengan di timang akan membuat kualitas tidur mereka menjadi lebih baik.
  4. Bagi Anda yang ingin lebih nyaman menggendong sambil menyusui sebaiknya menggunakan gendongan siap pakai, posisi buah hati nantinya bisa dihadapkan dengan dada. Hal ini bisa dilakukan sambil duduk maupun berdiri.
  5. Sebaiknya jangan menggendong pada saat Anda tengah melakukan aktivitas, karena memang akan membuatnya menjadi kurang nyaman.
  6. Pertimbangan apakah buah hati dapat bernapas atau tidak jika ingin mengikat tali gendongan.

Itulah setidaknya cara menggendong bayi yang benar untuk Anda aplikasikan pada buah hati. Banyak yang kurang tau bahwa posisi menggendong yang salah memiliki dampak yang buruk bagi postur tubuh buah hati. Tak jarang juga diantaranya yang menyebabkan rasa sakit pada ibu yang menggendong. Sebaiknya hindari pula menggunakan gendongan yang ukurannya tak pas. Menggendong sama halnya dengan meluapkan bentuk kasih sayang untuk buah hati, hal ini juga bagus untuk membuat tidur mereka lebih lelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *