Cara Tepat Memahami Psikologi Anak

Memahami psikologi anak tidak akan ada habisnya. Hal inilah yang terkadang membuat para orang tua menjadi bingung dan panik. Cara yang paling bijak adalah dengan memahami setiap psikologi yang ditunjukan oleh anak. Berdasarkan pakar perkembangan psikologi anak menekankan pada 8 tahap yang dilalui anak sejak usia dini hingga usia dewasa.

Setiap tahapan akan memberikan dampak positif maupun dampak negatif. Pada anak usia dini banyak hal yang menarik perhatian anak sehingga membuat mereka ingin selalu mencoba meskipun hal tersebut berbahaya untuk anak. Pada tahap inilah peran dan pengawasan orang tua sangat penting. Memberikan pengarahan dan dukungan yang baik kepada anak merupakan cara yang tepat. menurut pakar perkembangan psikologi anak janganlah anda memberikan kritik atau nasihat berlebihan kepada anak. Hal ini dapat membuat anak tumbuh dengan rasa ragu terhadap kemampuannya.

Menurut seorang peneliti tentang psikologi anak yang bernama Gardner ada 7 kecerdasan yang terdapat pada anak yang meliputi interpersonal, intrapersonal, kinestetik, linguistik, logika, musik, spasial dan naturalis. Setiap anak akan memiliki kepekaan yang berbeda – beda akan tahapan – tahapan tersebut. Gardner mengungkapkan Multiple Intelegence kecerdasan jamak merupakan kemampuan untuk menemukan dan mencari pemecahan masalah yang dihadapi oleh anak. Misalnya apabila anak menangis selama berjam – jam, untuk hal ini anda sebagai orang tua harus memahami psikologi anak untuk mengatasi emosi mereka tersebut.

Sebaiknya anda sebagai orang tua tidak perlu panik ketika anak anda menangis. Tetaplah bersikap tenang dan tidak tergesa – gesa merupakan sikap yang teapy untuk dilakukan. Menurut Hans Grothe, seorang psikologi anak dari Jerman mengatakan frekuensu terbanyak anak menangis adalah pada usia 2 – 3 tahun dimana tangisan anak tersebut masih berkaitan dengan usia mereka.

Dalam melakukan di saat mereka menangis dapat dilakukan dengan ketenangan dari diri anda. Dimana setiap cara tersebut memiliki tataran yang berbeda – beda. Sebagai orang tua perlunya melatih diri untuk melihat reaksi apa saja yang ditunjukkan oleh anak. Hal inilah yang membuat penting untuk memahami psikologi anak. Dengan begitu akan terjalin hubungan ikatan yang lebih dekat antara orang tua dan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *