Dampak IPTEK Terhadap Lifestyle Modern

Tags:

Sekarang ini kita hidup dalam perkembangan zaman yang serba modern, canggih dan praktis, dimana semua pekerjaan bisa dilakukan secara instan. Umumnya, gaya hidup atau lifestyle seperti ini disebut dengan lifestyle modern, dimana seseorang mengikuti tingkah laku yang terbaru dalam kehidupannya sesuai dengan perkembangan zaman. Dari sinilah kita bisa mengetahui jika gaya hidup modern biasanya cenderung fokus terhadap pola kehidupan yang semuanya serba terbuka terhadap kemajuan di sektor apapun, sehingga manusia akan terus melakukan eksplorasi kemampuan otaknya untuk melakukan inovasi sebaik mungkin. Namun pada perkembangan lifestyle dengan gaya modern telah mengakar terhadap semua elemen yang menimbulkan dampak penting dan tanpa disadari dampak tersebut bisa merubah mindset setiap indvidu.

Hal ini merupakan dampak pengaruh terhadap penggunaan teknologi yang begitu tinggi baik teknologi untuk kepentingan individu maupun untuk publik. Penggunaan teknologi juga mendorong munculnya tingkat ketergantungan terhadap sumber daya seperti BBM, listrik, BBG, bahkan sampai nuklir. Namun disini tidak akan membahas tentang itu, melainkan membahas tentang dampak IPTEK terhadap lifestyle modern. Pada dasarnya, prinsip diciptakannya sebuah teknologi ialah untuk membatu kehidupan manusia agar semakin mudah memenuhi beragam kebutuhannya. Hal ini membuat manusia semakin terdorong untuk merubah lifestyle, dimana sebelumnya dikerjakan secara manual tetapi sekarang dikerjakan dengan penuh instan dan praktis. Lantas apa dampaknya coba? Apakah hal ini menjadi hal yang positif ataukah negatif?

Agar kita sama sama mengetahuinya, mari kita ulas satu per satu mengenai dampak IPTEK terhadap lifestyle modern. Berikut dampak IPTEK terhadap gaya hidup atau lifestyle seseorang yaitu dampak petama, pemanfaatan IPTEK berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Dikarenakan dengan terciptanya teknologi, jelas membuat pekerjaan seseorang menjadi instan dan mudah. Nah, ketika Anda memakai teknologi tersebut maka Anda lebih sedikit melakukan pergerakan. Perbedaannya yakni bilsa Anda melakukan sebuah pekerjaan secara manual maka Anda pasti banyak melakukan pergerakan sehingga persendian maupun otot semakin terlatih atau bisa dibilang sebagai pengganti olahraga. Dampak kedua, pemanfatan IPTEK berpengaruh terhadap aspek sosial. Dimana, setiap orang semakin jarang tegur sapa dan komunikasi langsung semakin berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *