Kamu Anak Yang Pertama, Kedua atau Terakhir di Keluarga? Kenali Kepribadian Anak Disini!

Kepribadian Anak

Kepribadian Anak

Kamu Anak Yang Pertama, Kedua atau Terakhir di Keluarga? Kenali Kepribadian Anak Disini!

Riset telah menunjukkan bahwa ternyata urutan lahir mempengaruhi sifat kepribadian seseorang. Bahkan pakar psikologi menyebutkan bahwa pengaruh orangtua juga berpengaruh besar terhadap kepribadian seorang anak. Meskipun orangtua menyatakan kalau rasa kasih sayangnya sama dan juga adil terhadap semua anak-anaknya, tapi fakta menunjukkan hal lain. Semisal dalam keluarga terdapat tiga anak, setiap anak mempunyai pandangan berbeda-beda mengenai sosok orangtua mereka. Orangtuanya pun juga memperlukan semua anak-anaknya dengan berbeda-beda tanpa harus mereka sadari. Agar lebih detail dan cepat memahami permasalahan ini, Anda bisa simak lebih mendalam ulasan dibawah ini.

  • Anak Pertama

Ketika orangtua pertama kalinya mempunyai seorang anak, pasti anak pertama yang mereka perhatikan sepenuhnya. Semua yang mereka punya akan diberikan kepada anak pertamanya. Tapi, ekspektasi mereka terlalu tinggi kepada anak tersebut, dimana orangtua cenderung perfeksionis dengan berusaha mengaplikasikan semua hal yang baik untuk anak pertamanya. Inilah yang berpengaruh besar terhadap kepribadian anak pertamanya yang lebih cenderung perfeksionis, bertanggung jawab, high achiever, penuh semangat serta bisa diandalkan. Karakter kepribadian seorang anak ini didapatkan dari contoh langsung sosok orangtua yang mengajarkan penuh dedikasi tinggi, penuh semangat dan bertanggung jawab.

  • Anak Kedua

Ketika anak yang kedua lahir, pasti perhatian orangtua cenderung dibagi. Perlakukan orangtua pada kedua anaknya jelas berbeda dari sebelum-sebelumnya. Hal ini, orangtua telah mengajarkan ke-2 anaknya tersebut untuk berbagi hal yang sama. Dengan demikian, kepribadian anak yang kedua pandai berbagi hal yang sama, peacemaker, penengah yang perfect, menyeimbangkan beragam hal dan mampu membanggakan orang lain.

  • Anak Terakhir

Anak terakhir dalam keluarga merupakan anak yang paling terkecil dan termuda. Seluruh anggota keluarga dipastikan menyayanginya dan diperlakukan layaknya orang paling muda diantara mereka. Orangtua juga cenderung memperlakukan anak terakhir dengan penuh toleransi dan lebih santai. Tidak heran apabila kepribadian anak yang terakhir dalam keluarga lebih kreatif, santai dan pandai bergaul karena sejak lahir pastinya sudah banyak anggota keluarga yang memperhatikannya, hasilnya anak terakhir tersebut tumbuh dengan terbiasa memperoleh perhatian khusus dan mendapatkan banyak sekali perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *