Kumpulan Manfaat Cerita Dongeng Bagi Anak

Cerita dongeng bagi anak merupakan cerita karangan yang ditujukan untuk menghibur anak-anak. Ada beberapa jenis cerita dongeng mulai dari yang bertokohkan hewan-hewan hingga beberapa cerita yang bersangkutan dengan legenda. Cerita-cerita yang memiliki kaitan dengan legenda sering disebut dengan cerita rakyat atau cerit nusantara. Cerita rakyat sering diidentikkan dengan asal mula suatu daerah atau sesuatu yang berupa peninggalan bersejarah. Memberikan atau membacakan cerita rakyat nusantara kepada anak kecil ternyata memiliki beberapa manfaat salah satunya yaitu mencerdaskan otak anak. Pada masa kanak-kanak, otak si kecil harus diberikan stimulasi untuk meerangsang tumbuh kembang otaknya. Salah satu caranya yaitu dengan membacakan cerita dongeng rakyat nusantara.

Manfaat lainnya dari membacakan cerita dongeng kepada anak khususnya cerita dongeng anak nusantara yaitu bisa menambah pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia. Misalnya saja pada cerita-cerita yang berkaitan dengan legenda suatu daerah atau legenda asal mula sesuatu pasti akan disisipi tentang kebudayaan yang ada pada daerah tertentu. Seperti pada cerita asal mula Candi Prambanan yang menceritakan bahwa Roro Jongrang memerintahkan penduduk desa untuk menutu padi sebagai pertanda pagi hari. Menutu padi merupakan salah satu kebudayaan yang masih ada di beberapa desa. Menutu padi merupakan kegiatan memukul-mukul padi pada tempat yang diberi nama lisung. Tujuannya adalah untuk memisahkan beras dengan cangkangnya. Pada masyarakat desa, kegiatan tersebut di lakukan pada pagi hari.

Dengan mengetahui kebudayaan yang ada di Indonesia, diharapkan anak bisa lebih menghargai kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, anak diharapkan bisa tumbuh menjadi seorang generasi muda yang bisa melestarikan kebudayaan Indonesia. Dengan dibacakannya cerita tentang dongeng nusantara juga bisa menambah minat anak untuk membaca. Membaca merupakan salah satu jenis kebudayaan yang sudah mulai berkurang di kalangan anak-anak kecil saat ini. Saat membacakan cerita dongeng anak nusantara, Bunda bisa sembari menikmati teh Sariwangi. Anda bisa menikmati teh dengan aroma yang segar setiap hari sembari membacakan cerita dongeng untuk anak tersayang, biarkan anak mengenal nusantara dengan lebih dari dongeng yang Anda bacakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *