Mempersiapkan Mental Anak Sejak Dini Sebelum Terjun di Dunia Luar

perkembangan anak

Mempersiapkan Mental Anak Sejak Dini  Sebelum Terjun di Dunia Luar

Ceritakeluarga.com – Seorang anak di usia dini merupakan  masa di mana mereka mulai sensitif dan peka terhadap lingkungan sekitar. Setiap prilaku dan kegiatan yang dia lihat akan di contohnya meski hal tersebut memang tidak baik untuk dilakukan. Perkembangan anak usia dini memang sangat rentan terhadap kegiatan di sekitarnya. Pada usia seperti itu mereka mulai menunjukan rasa ingin tahu dan lebih aktif.

Keluarga merupakan dasar pendidikan yang akan didapatkan sebelum dia benar-benar terjun ke dunia luar. Pendidikan yang baik di dalam rumah sangatlah penting untuk melatih sikap mental seorang anak. Sebenarnya tahap mencontoh  mencontoh merupakan  waktu yang tepat untuk mendidik seorang anak agar mempunyai sikap yang baik. maka dari itu ilustrasi-ilustrasi tentang bahasa yang baik, tingkah laku yang baik harus ditanamkan dan diajarkan oleh orang tua dengan bijak.

Jika orang tua mengajarkannya kurang baik, maka respon yang ditunjukan si anak dalam tahap ini  pun akan sama seperti yang diajarkan. Menyesuaikan didikan dengan usia si anak akan membuat perkembangan anak menjadi terus meningkat. Dari segi tingkah laku dan pemikirannya pun akan lebih tajam. setelah dukungan didikan  baik yang didapat si anak dari dalam rumah. Maka anak pun akan siap untuk menjelajahi kehidupan dilingkungan sekitar.

Di lingkungan luar, anak pun akan lebih mengenal pergaulan yang bersifat luas,seperti bahasa yang berbeda, kelakuan yang berbeda dan kegiatan yang berbeda pula, dalam hal ini orang tua masih harus menasehati, mengawasi dan mengingatkan tentang apa saja yang harus dilakukan dan dilarang.

Baca juga: Manfaat Pemakaian Parfum Pakaian

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *