Pengertian Arti Penting Keluarga

Pengertian Arti Penting Keluarga – Lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan seseorang dalam kehidupannya. Keluarga yang memiliki hubungan yang harmonis dapat menentukan optimalisasi perkembangan pribadi, penyesuaian diri, kemampuan bersosialisasi, kecerdasan, kreativitas, , dan moral. Keluarga adalah tempat tinggal atau lingkungan tempat bersatunya sekumpulan orang yang memiliki hubungan darah. Keluarga juga dapat diartikan sekumpulan orang yang tinggal dalam satu rumah yang masih memiliki hubungan kekerabatan/ hubungan darah yang disebabkan adanya perkawinan, kelahiran, adopsi , dan lain sebaginya.

Pengertian Arti Penting Keluarga

Selain yang telah disebutkan di atas, ada banyak pengertian keluarga.

Baca juga : 8 Langkah Hamil Anak Kembar Dengan cara Alami serta Medis

  1. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia keluarga adalah ibu, bapak, dan anak – anaknya, satuan kekerabatan yang sangat mendasar di masyarakat.
  2. Keluarga merupakan satu institusi terkecil di dalam masyarakat yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk mewujudkan kehidupan yang tentram dan nyaman sesuai dengan yang diharapkan.
  3. Keluarga adalah salah satu kelompok atau kumpulan manusia yang hidup bersama sebagai satu kesatuan atau unit masyarakat terkecil dan biasanya selalu ada hubungan darah, ikatan perkawinan, atau ikatan lainnya. tinggal bersama dalam satu rumah dan dipimpin oleh seorang kepala keluarga

Berdasarkan pengertian keluarga di atas, dapat diketahui bahwa keluarga adalah sekumpulan orang yang memiliki hubungan darah, atau perkawinan yang tinggal dalam tempat yang sama dan selalu berinteraksi serta memiliki peran dan tugas  masing – masing. Sesuai dengan peran yang dimilikinya,  setiap anggota keluarga memiliki hak dan kewajiban yang berbeda – beda.

Keluarga kecil terdiri atas ayah, ibu, dan anak – anaknya. Dalam sebuah keluarga juga bisa saja tidak hanya terdiri atas keluarga inti. Sebuah keluarga juga bisa saja tinggal dengan keluarga kerabat seperti kakek, nenek, paman, dan bibi.

Keluarga memiliki  arti dan fungsi yang penting bagi anggota nya . Keluarga berfungsi sebagai tempat pendidikan yang pertama bagi anak – anak dalam keluarga. Keluarga juga berfungsi untuk menyiapkan anggota keluarganya agar dapat bersosialisasi di masyarakat.  Keluarga memilki fungsi untuk melindungi anak  dan anggota lain  dari tindakan – tindakan yang tidak baik sehingga memberikan rasa aman bagi seluruh anggota keluarga. Keluarga juga berfungsi untuk memperkenalkan dan mengajak anak – anak dan anggota keluarga lainnyadalam kehidupan beragama. Kepala keluarga bertugas mengajak dan membimbing anggota keluarga dalam melakukan ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *