Selain Jadi Ibu Rumah Tangga, Peran Ibu Juga Menjaga Kesehatan Keluarga

kesehatan keluarga

Selain Jadi Ibu Rumah Tangga, Peran Ibu Juga Menjaga Kesehatan Keluarga

Ceritakeluarga.com – Peran seorang ibu pada umumnya tidak hanya sebagai ibu rumah tangga dan orang tua saja, tetapi ada peran lainnya yang wajib dilakukan oleh ibu. Salah satunya harus selalu menjaga kesehatan keluarga. Perlu kalian sadari, banyak sekali hal yang wajib kalian lakukan bila Anda seorang ibu dan ingin memastikan kesehatan tubuh para keluarga kalian. Pertama, kalian harus rutin bawa keluarga sobat ke dokter untuk dilakukannya chek up kesehatan tubuhnya. Hal ini dilakukan agar tahu seberapa sehatkah kondisi tubuh keluarga sobat tersebut. Kedua, harus rutin bersih-bersih rumah agar kotoran dan debu yang berpotensi besar sebagai penimbul penyakit pada tubuh keluarga sobat bisa musnah.

Ketiga, haruslah teratur membersihkan dapur terutama peralatan dapurnya yang digunakan sebagai wadah makanan dan tempat untuk memasak. Perlu disadari, awal mulanya penyakit itu ditimbulkan dari banyaknya kuman yang menempel pada wadah makanan atau tidak higienisnya makanan yang kalian olah. Untuk mengatasinya, kalian harus membersihkan peralatan dapur tersebut memakai sabun anti bakteri Sunlight. Tak hanya lemak yang mampu disingkirkan Sunlight, tetapi bakteri pun juga di basmi dengan cepat oleh Sunlight. Keempat, berusalah untuk menerapkan kebiasaan gaya hidup yang sehat di dalam rumah. Misalnya dengan mengajarkan pada anak mencuci kedua tangannya sebelum makan, membisakan mandi 3 kali sehari, makan-makanan bergizi dan lain sebagainya.

Kelima, harus selalu mengatur waktu istirahatnya keluarga. Dari kelima hal tersebut, bisa kalian lihat bahwa perannya seorang ibu untuk jaga kesehatan keluarga memang sangatlah besar. Namun perlu di ingat walaupun kalian sangat memperhatikan tingkat kesehatan keluarga, kesehatan kalian juga harus dijaga dan jangan pernah mengabaikannya. Jika kalian sebagai seorang ibu bertubuh sehat, dipastikan bisa berkontribusi secara positif baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan atau masyarakat. Maka ingatlah, kesehatan Anda dan kesehatannya keluarga Anda itu sama-sama penting. Untuk itu jagalah kesehatan Anda dengan selalu menerapkan kebiasaan gaya hidup yang sehat, rajin dalam berolahraga dan selalu beristirahat yang cukup serta harus konsumsi makanan sehat.

Baca juga: Tanyakan Persiapan Kehamilan Anda pada Dokter Kandungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *