Permainan Edukasi Anak Melalui Melukis Dengan Cat Air

Permainan Edukasi Anak Melalui Melukis Dengan Cat Air

Sebelum mengenal lebih dalam apa itu cat air, apa itu cat air? Cat air lebih populer dengan sebutan nama aquarel yang intinya medium lukisan dengan menggunakan pigmen serta pelarut air yang bersifat transparan. Meskipun di dalam medium permukaanya bervariasi, biasanya yang umum digunakan adalah kertas.

Bisa bermodel-model juga, diantarnya papyrus, kulit, kain, kanvas, kayu, dan kanvas. Secara mayoritasnya, cat air digunakan karena sifat transparansinya. Goucahe merupakan medium sebagai pengencer air yang sifatnya tidak transparan tetapi bersifat menutup. Hasil karyanya bisa menjadi sangat ekspresif, ataupun sebaliknya bisa sangat impresif, itu juga tergantung teknik yang digunakan.

Kegiatan melukis dengan cat air tentu menyenangkan bagi si buah hati. Sayangnya, orang tua khawatir apabila cat air tersebut mengenai baju si kecil sehingga membuat noda pada baju kesayangannya.

Melukis bisa membantu dalam perkembangan anak dalam hal merangsang kreativitas dari segi motorik halus, kemampuan berpikir, dan bakatnya akan terlihat.

Biasanya cat air menggunakan kuas yang lancip dan kuas lainnya berbahan bulu lembut dan menggunakan air yang banyak, tetapi bisa menggunakan bahan campuran lain dengan material akrilik.

Agar menghasilkan warna yang terang dan segar maka campurkan cat air dengan volume air yang lebih. Warna ini dihasilkan karena cahaya lampu yang bisa menembus lapisan cat transparan. Warna putih biasanya dihasilkan dari beberapa bagian yang lapisannya tidak diberi lapisan cat. Sangat jarang jika melukis dengan memberikan lapisan putih pada cat air.

Dalam menggunakan cat warna membutuhkan kesabaran yang tinggi. Secara umum, teknik yang digunakan dengan cara saling menimpkan warna satu dengan lainnya yang sebelumnya sudah kering untuk menghasilkan warna gradiasi sesuai apa yang diinginkan. Namun, pada teknik lain sepert wet on wet yang menimpakan warna di atas lapisan masih basah sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi guna mencapai hasil yang maksimal.

Ada risiko negatif dalam teknik wet on wet, bentuk kertas menjadi melengkung bahkan bisa robek apabila terlalu banyak menggunakan air serta banyaknya gesekan kuas disaat melukis pada permukaan kertas. Apabila kertas melengkung bahkan bergelombang, maka bisa dengan cara menyetrika agar kertas rata seperti
kondisi semula.

Nah, di dalam melukis, orang tua bisa mendampingi si buah hatinya agar tidak
berantakan ketika melukis. Sebelum memulai, ada beberapa persiapan diantaranya:

  1. Pilihlah jenis cat air ketika membeli.
    Dalam pilihannya, cat air tersedia dalam varian toples kecil atau tube. Untuk tube bisa dipilih karena bisa memudahkan untuk menambah koleksi warna yang telah ditentukan sebelumnya.
  2. Tentukan warna cat air.
    Ada pilihan warna primer, terdiri dari: Hansa Yellow Medium, Quinacridone Rose, French Ultramarine Blue, Pyrrol Scarlet, New Gamboge, dan Quinacridone Burnt Orange
  3. Pilihlah kuas yang akan Anda gunakan.
    Disaat melukis, mungkin butuh beberapa banyak ukuran kuas yang dibutuhkan, mulai dari nomor 5 sampai 10. Pada kuas tersebut harus memiliki ujung yang bagus supaya mudah digenggam dengan mudah.
  4. Belilah kertas yang memiliki massa berat.
    Tidak ingin saat melukis menyebabkan kertas menjadi melengkung dan menggembung? Pilih kertas yang berat dan bertekstur. Jenis kertas ini dibuat untuk tahan terhadap cairan dalam volume tertentu.
  5. Belilah peralatan melukis.
    Saat akan memulai melukis, mungkin bisa memanfaatkan barang-barang rumah menjadi bahan untuk melukis.
  6. Cari sebuah tampanan.
    Bisa gunakan piring yang besar jika anda menggunakan peralatan yang ada di dapur.
  7. Carilah sebuah papan.
    Anda bisa menggunakan sebuah karton yang berbahan tebal dan kokoh untuk diletakan di papan ataupun dinding
  8. Carilah peralatan sebagai pembersihan pada rumah anda.
    Beberapa seniman sering menggunakan wadah air, pensil, tisu kertas, dan penghapus. Inipun tergantung keperluan pada pribadi. Atau bisa menggunaan baju lama atau baju khusus ketika hendak melukis.

Leave a Reply