Psikologi Anak Saat Kecil: Bahayanya Kurang Perhatian pada Anak

Bahayanya Kurang Perhatian pada Anak

Bahayanya Kurang Perhatian pada Anak

Sekarang ini, berbagai permasalahan pada anak remaja seperti seks bebas dan juga pergaulan bebas lainnya merupakan bentuk akibat dari kurang perhatiannya orang tua terhadap anaknya itu sendiri. Meski tidak bisa disalahkan secara keseluruhan, peran orang tua memegang peranan penting untuk mendidik anak. Kehadiran anak tidak cukup hanya hadir saja, psikologi anak saat kecil perlu anda perhatikan sebagai bentuk didikan anda terhadap anak. Selain itu sebenarnya anda memang dibutuhkan anak itu sendiri. Orang tua yang dianggap sebagai panutan dari anak tersebut menyebabkan orang tua memegang kunci dari tumbuh kembangnya psikologi anak tersebut. Kalau orang tuanya cuek-cuek saja terhadap anaknya, maka tidak mengherankan jika anak tersebut mengabaikan perintah orang tuanya ketika anak tersebut bebas bergaul dan terkena masalah pada akhirnya karena memang itulah efeknya ketika anak tersebut diabaikan semasa kecilnya.

Permasalahan psikologi anak saat kecil lainnya yang biasa dihadapi adalah ketika anak tersebut cenderung melawan perintah orang tuanya, karena memang biasanya ketika anak ingin diperhatikan dan orang tua cenderung memarahinya tanpa sebab, bisa jadi komunikasi dan kedekatan antara anak dengan orang tuanya menjadi semakin renggang. Saling membantah pada akhirnya adalah sebagai bentuk tidak memahami satu sama lain keinginannya. Anda mungkin sudah tidak asing dengan masalah anak yang pada akhirnya sang anak menjadi kabur dari rumah, menjadi gelandangan dengan tidur di depan toko, atau menjadi pengemis karena kurangnya perhatian dari orang tuanya sendiri. Terlepas dari itu, maka sudah jelas mengapa peran orang tua memegang posisi yang sangat penting untuk menjamin tingkat kesejahteraan anak.

Menjadi orang tua bukan hanya memenuhi kebutuhan anak secara materil atau berupa uang saja karena sang anak tentunya mengharapkan kehadiran orang tuanya pertama kali, bukan uangnya. Psikologi anak saat kecil tersebut bisa jadi titik penentu akan menjadi anak yang seperti apa nantinya di masa mendatang. Anda harus selalu siap meluangkan waktu untuk mereka. Secangkir Sariwangi sebagai teman untuk menghabiskan quality time bersama anak dapat digunakan untuk kembali berkomunikasi dengan anak atau menemani anak saat bermain sehingga menjaga psikologi anaknya.

Baca Juga : Psikologi Anak Saat Kecil dan Permasalahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *