Psikologi Anak Saat Kecil dan Cara Mengasuh Anak

Psikologi Anak Saat Kecil dan Cara Mengasuh Anak

Psikologi Anak Saat Kecil dan Cara Mengasuh Anak

Menjadi orangtua bukanlah hal yang mudah sebagai orangtua anda harus bisa membesarkan dan mengasuh anak dengan benar sehingga ketika mereka dewasa nanti mereka bisa mengurus dirinya sendiri, salah satu cara mengasuh anak yang benar adalah dengan memperhatikan psikologi anak saat kecil karena perkembangan psikologis dan mental anak sudah terbentuk sejak dini sehingga orangtua sudah bisa mengajarkan anak tentang hal-hal sederhana kepada anak.

Minimnya pengetahuan orangtua terhadap psikologi anak sejak kecil yang membuat pola asuh anak kurang optimal, oleh karena itu orangtua kiranya dapat mempelajari sedikit hal mengenai psikologi anak sehingga orangtua  bisa mengoptimalkan pola asuh anak. Hal tersebut adalah:

  • Hindari membentak dan memukul anak

Bila anak rewel perilaku yang banyak dilakukan orangtua adalah membentuk, mencubit bahkan mengancam hal seperti ini lah yang dapat membentuk sifat anak menjadi negatif. Anda harus bisa mengubah cara komunikasi sesuai dengan usia anak.

  • Kurangi kata “jangan” dan “tidak”

Anak yang memasuki masa serba ingin tahu memang kadang merepotkan kadang mereka berniat untuk melakukan hal berbahaya, sebagai orangtua memang sudah harus melarangnya namun jangan terlalu sering melarang anak namun berikan dia alasan dengan jelas.

  • Mencotohkan secara langsung

Orangtua adalah panutan bagi anak oleh karena itu setiap perilaku anda adalah perilaku yang nantinya akan dicontoh anak. Coba lah untuk memberikan contoh secara langsung kepada anak misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, mengakui kesalahan dan meminta maaf.

  • Komunikasi langsung dengan anak

Anak memiliki watak dan sifat yang berbeda walaupun mereka kakak beradik oleh karena itu usahakan anda untuk mendengarkan dengan jelas apa pendapat anak sehingga anak merasa dianggap oleh orangtuanya

Komunikasi menjadi salah satu kunci mengetahui pola asuh anak yang tepat selain memperhatikan psikologi anak saat kecil, sehingga usahakan untuk meluangkan waktu bersama keluarga anda setiap hari salah satu cara menghabiskan waktu bersama keluarga adalah dengan duduk santai sambil ditemani Sariwangi untuk membuka pembicaraan.

Baca Juga : Psikologi Anak Saat Kecil: Bahayanya Kurang Perhatian pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *