Psikologi Anak Saat Kecil dan Permasalahannya

Psikologi Anak Saat Kecil dan Permasalahannya

Psikologi Anak Saat Kecil dan Permasalahannya

Perkembangan psikologi anak saat kecil tidak selalu berjalan biasa saja tidak sedikit anak di Indonesia yang membutuhkan perhatian khusus sehingga dapat berkembang dengan baik hingga dewasa. Memperhatikan sikap dan kebiasaan anak adalah salah satu cara mengetahui apakah anak membutuhkan perhatian khusus atau tidak karena tidak sedikit anak yang tidak diperhatikan orangtuanya karena sang orangtua tidak mengerti kebutuhan khusus anak.

Dalam perkembangan psikologi anak saat kecil tidak jarang muncul berbagai masalah, jika masalah ini terjadi pada anak anda usahakan untuk tidak menjauhi anak dari teman sebayanya. beberapa masalah psikologi yang dapat terjadi pada seorang anak adalah:

  • Hiperaktif

Merupakan gangguan terhadap anak di mana anak cendrung bergerak sangat aktif di rumah maupun saat sedang bersama temannya dan orang lain, hal ini dapat membahayakan anak dan temannya karena anak super aktif cendrung tidak berpikir panjang atau spontan terhadap tindakannya.

  • Sulit berkonsentrasi

Kesulitan dalam berkonsentrasi bisa terjadi pada anak hal ini akan menyebabkan anak sulit untuk belajar dalam waktu lama dan membuat anak kesulitan memahami pelajaran. Anak cendrung mudah dipengaruhi dengan hal yang ada di sekitarnya.

  • Pemurung dan penyendiri

Ada juga ganguan kepada anak sehingga mereka lebih suka menyendiri dan sulit untuk bergaul dengan teman sebayanya. Bila dibiarkan anak dengan perilaku penyendiri akan kesulitan bersosialisasi dan jiwa sosial anak tidak akan berkembang.

  • Masalah berbicara

Gangguan ini membuat anak sulit untuk berbicara biasanya anak akan kesulitan dalam artikulasi sehingga hal yang dibicarakan anak tidak jelas dan sulit dimengerti oleh lawan bicaranya.

Gangguan psikologi anak saat kecil dapat mempengaruhi kehidupannya nanti saat remaja hingga dewasa oleh karena itu bantuan dari psikolog adalah hal yang penting untuk membantu permasalahan anak ini. Salah satu cara untuk orangtua adalah dengan menemani anaknya, orangtua bisa mengajak anak bicara secara perlahan ditemani secangkir Sariwangi untuk mengetahui apakah ada hal tertentu yang membuat gangguan tersebut terjadi kepada anak.

Baca Juga : Pilih Informasi Investasi Terpercaya untuk Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *