Sekilas Tentang Pasar Modal, Indonesia Stock Exchange

Pasar modal adalah hal yang penting sebagai pendukung perekonomian yang berada di negara kita. Untuk masyarakat modern Indonesia stock exchange merupakan alternatif untuk memperoleh keuntungan yang lebih menarik. Entah menjadi investor dengan membeli saham perusahaan yang berada di pasar modal, atau melakukan penjualan saham perusahaan yang berada di pasar modal. Pasar modal ini hampir mirip dengan pasar uang.

Perbedaan Indonesia Stock Exchange Dengan Pasar Uang

Perbedaan dari Indonesia stock exchange dengan pasar uang ialah, yang diperjualbelikan ialah surat berharga dalam jangka lebih dari 1 tahun lamanya, sedangkan untuk pasar uang, memperjualbelikan uang di dalam bentuk surat berharga dengan jangka yang pendek kurang dari 1 tahun. Sehingga pasar modal ialah pasar yang akan mempertemukan permintaan penawaran uang dengan bentuk syarat berharga dalam waktu lebih dari 1 tahun, dalam pasar modal surat berharga disebut dengan efek, dan untuk pasar modal ialah bursa efek. Pasar modal adalah kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum serta penawaran efek serta penawaran publik yang memiliki kaitan dengan efek yang ia terbit kan.

Untuk bursa efek Indonesia terbagi menjadi 3 macam yakni BEJ, BES serta Bursa Paralel Indonesia. untuk bursa paralel ini adalah bursa yang didirikan untuk alternatif pemodal yang mempunyai dana terbatas. Di dalam pasar modal Anda akan mengenal istilah seperti investor dan emiten. Investor adalah pihak yang mempunyai dana untuk dipinjamkan sedangkan emiten merupakan pihak yang berkeinginan meminjamkan dana. Surat berharga yang diperjualbelikan di dalam pasar modal berbeda dengan pasar uang. Untuk pasar modal, surat berharga yang diperjualbelikan seperti saham biasa, saham preference, obligasi, obligasi konversi.

Untuk menjalankan kegiatan Indonesia stock exchange, ada beberapa lembaga yang terlibat dalam aktivitas ini seperti badan pengawas pasar modal, badan ini memiliki wewenang melakukan pembinaan dan pengawasan pada pasar modal. Ada pula emiten, SRO, Perusahaan efek, penasehat investasi, profesi penunjang hingga penunjang pasar modal. Jika Anda mulai berminat dan ingin masuk ke dalamnya, Anda bisa mencari tahu informasi di IDN Financial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *