Tips mengatasi diabetes Gestasional

Tips mengatasi diabetes – Pada ibu hamil yang mengalami kenaikan kadar gula di dalam darah maka dipastikan ibu hamil tersebut menderita penyakit diabetes gestasional. Diabetes gestasional biasanya kembali normal setelah melahirkan tingginya. Kadar gula di dalam darah dapat mengakibatkan masalah pada ibu maupun bayi yang dikandung. Bayi yang dikandung kemungkinan tumbuh terlalu besar dan dapat mengakibatkan masalah selama persalinan. Akan tetapi dengan pengobatan kebanyakan ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes gestasional dapat mengontrol gula darah mereka dan melahirkan bayi yang sehat.

Penyakit diabetes gestasional mungkin tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Maka saat sedang hamil sebaiknya memeriksakan kondisi untuk mengetahui apakah terkena penyakit diabetes gestasional atau tidak. Pemeriksaan yang dilakukan sejak dini akan segera diberikan pengobatan apabila tervonis penyakit diabetes gestasional. Biasanya ibu hamil yang menderita penyakit diabetes gestasional akan lebih sering buang air kecil dan selalu merasa lapar serta mudah haus. Gejala-gejala tersebut tidak selalu berarti menderita penyakit diabetes gestasional. Oleh sebab itu perlunya pemeriksaan dengan mengecek kadar gula darah agar dapat dipastikan ibu hamil tersebut menderita penyakit diabetes gestasional atau tidak. Apabila telah divonis penyakit diabetes gestasional, maka tips mengatasi diabetes gestasional tersebut yang dapat dilakukan antara lain :

  • Diet makan seimbang

Setelah mengetahui menderita penyakit diabetes gestasional ibu hamil harus membatasi karbohidrat yang dikonsumsi sebagai cara untuk mengontrol gula dalam darah. Terlebih bagi Anda yang terlalu gemuk atau obesitas, pengurangan harus dilakukan secara signifikan agar kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

  • Berolahraga secara teratur

Sebaiknya ibu hamil melakukan olahraga setidaknya 2 jam dalam satu minggu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari. Olahraga teratur dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

  • Konsumsi obat konvensional

Terdapat obat yang disebut glyburide dan metformin yang digunakan untuk penderita penyakit diabetes tipe 2 yang biasanya digunakan oleh beberapa dokter untuk mengobati ibu hamil yang menderita diabetes gestasional. Akan tetapi kombinasi kedua obat tersebut dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala gangguan pencernaan hingga resiko hipoglikemia.

Baca Juga Artikel Berikut ini : 5 jenis buah pencegah hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *