Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam yang Tepat

Berbicara tentang tips mengatur keuangan rumah tangga menurut islam, apakah diantara anda ada yang pernah mengalami pengeluaran yang berlebihan? Kami yakin hal tersebut pasti pernah dialami oleh sebagian dari anda. Pengeluaran yang berlebihan tersebut bisa terjadi karena adanya pengeluran yang tidak terduga. Jangan sampai hal tersebut terjadi terus menerus didalam rumah tangga anda. Pasalnya itu bisa menimbulkan akibat buruk. Sehingga mulai dari sekarang anda harus bisa melakukan antisipasi agar hal yang tidak diinginkan terjadi menimpa keuangan keluarga anda. Untuk melakukan antisipasi, sebenarnya sangatlah mudah seperti, membuat list tentang apa saja hal-hal yang dibutuhkan. Hendaknya anda membelanjakan harta untuk hal yang dibutuhkan. Memang boleh-boleh saja untuk hal yang diinginkan, namun hendaknya jangan berlebihan.

Berbicara tentang tips mengatur keuangan rumah tangga menurut islam, apakah diantara anda ada yang pernah mengalami pengeluaran yang berlebihan? Kami yakin hal tersebut pasti pernah dialami oleh sebagian dari anda. Pengeluaran yang berlebihan tersebut bisa terjadi karena adanya pengeluran yang tidak terduga. Jangan sampai hal tersebut terjadi terus menerus didalam rumah tangga anda. Pasalnya itu bisa menimbulkan akibat buruk. Sehingga mulai dari sekarang anda harus bisa melakukan antisipasi agar hal yang tidak diinginkan terjadi menimpa keuangan keluarga anda. Untuk melakukan antisipasi, sebenarnya sangatlah mudah seperti, membuat list tentang apa saja hal-hal yang dibutuhkan. Hendaknya anda membelanjakan harta untuk hal yang dibutuhkan. Memang boleh-boleh saja untuk hal yang diinginkan, namun hendaknya jangan berlebihan.  Sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan disukai oleh Allah SWT. Oleh sebab itu jangan sampai anda menjadi salah satu orang yang dibensi oleh Allah. Pikirkan kembali jika anda ingin membeli sesuatu. Tips mengatur keuangan rumah tangga menurut islam yang kedua, yaitu dengan melakukan infaq. Infaq merupakan sebuah kegiatan berbagi dengan orang yang membutuhkan. Allah sudah menjanjikan bahwa orang yang rajin melakukan infaq, uang akan digantikan dalam jumlah yang berlipat-lipat. Sehingga jangan sampai anda tidak melakukan infaq hanya karena takut hartanya akan habis. Kemudian untuk tips yang ketiga, janganlah anda berusaha untuk menumpukkan harta kekayaan terus menerus. Pasalnya jika menumpukkan harta terus menerus bisa membuat diri anda sendiri merasa tertekan.  Kemudian tips keempat, saling berbagilah dengan orang lain. Memang infaq juga merupakan media untuk berbagi. Namun saling berbagi disini maksudnya selalu membantu orang yang sedang merasakan kesulitan secara langsung. Untuk menjalankan tips mengatur keuangan rumah tangga menurut islam yang keempat, anda tak perlu ribet. Dengan adanya Dompetku, sekarang anda bisa berbagi dengan sangat mudah. Dompetku merupakan agene money yang memungkinkan anda berbagi melalui transfer. Tak perlu meragukan agennya, pasalnya sudah ada banyak sekali orang yang mempercayakan Dompetku sebagai media untuk berbagi.

Sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan disukai oleh Allah SWT. Oleh sebab itu jangan sampai anda menjadi salah satu orang yang dibensi oleh Allah. Pikirkan kembali jika anda ingin membeli sesuatu. Tips mengatur keuangan rumah tangga menurut islam yang kedua, yaitu dengan melakukan infaq. Infaq merupakan sebuah kegiatan berbagi dengan orang yang membutuhkan. Allah sudah menjanjikan bahwa orang yang rajin melakukan infaq, uang akan digantikan dalam jumlah yang berlipat-lipat. Sehingga jangan sampai anda tidak melakukan infaq hanya karena takut hartanya akan habis. Kemudian untuk tips yang ketiga, janganlah anda berusaha untuk menumpukkan harta kekayaan terus menerus. Pasalnya jika menumpukkan harta terus menerus bisa membuat diri anda sendiri merasa tertekan.

Kemudian tips keempat, saling berbagilah dengan orang lain. Memang infaq juga merupakan media untuk berbagi. Namun saling berbagi disini maksudnya selalu membantu orang yang sedang merasakan kesulitan secara langsung. Untuk menjalankan tips mengatur keuangan rumah tangga menurut islam yang keempat, anda tak perlu ribet. Dengan adanya Dompetku, sekarang anda bisa berbagi dengan sangat mudah. Dompetku merupakan agene money yang memungkinkan anda berbagi melalui transfer. Tak perlu meragukan agennya, pasalnya sudah ada banyak sekali orang yang mempercayakan Dompetku sebagai media untuk berbagi.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Berdasarkan Pada Syariat Islam

Setiap hal yang ada di dunia terutama yang berhubungan dengan kehidupan manusia termasuk keuangan. Keuangan harus diatur dengan baik dan teliti agar tidak menimbulkan masalah. Terdapat banyak cara mengelola keuangan keluarga dan salah satunya adalah berdasarkan pada syariat Islam. Dalam Islam terdapat beberapa garis besar dalam pengaturan keuangan belanja untuk kehidupan sehari-hari. Pertama yaitu suami yang harus sadar mengenai kewajibannya untuk pemenuhan dana atau mencari nafkah untuk keluarganya. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk istri membantu mencari nafkah agar kebutuhan dapat terpenuhi.

Setiap hal yang ada di dunia terutama yang berhubungan dengan kehidupan manusia termasuk keuangan. Keuangan harus diatur dengan baik dan teliti agar tidak menimbulkan masalah. Terdapat banyak cara mengelola keuangan keluarga dan salah satunya adalah berdasarkan pada syariat Islam. Dalam Islam terdapat beberapa garis besar dalam pengaturan keuangan belanja untuk kehidupan sehari-hari. Pertama yaitu suami yang harus sadar mengenai kewajibannya untuk pemenuhan dana atau mencari nafkah untuk keluarganya. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk istri membantu mencari nafkah agar kebutuhan dapat terpenuhi.  Kedua adalah kewajiban untuk menafkahi orang tua yang membutuhkan. Jika masih memiliki orang tua, kandung ataupun mertua, hendaklah untuk tetap memberikan nafkah sebagai salah satu bentuk perbuatan baik kepada orang tua. Namun, jika sudah tidak memiliki orang tua, Anda dapat membagi rezeki Anda kepada keluarga yang menjadi tanggung jawab Anda ataupun menyumbangkan ke panti jompo.  Tips mengatur keuangan keluarga ketiga adalah istri sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mengatur keuangan keluarga harus bersikap hemat dan teliti serta ekonomis. Sebagai istri yang memiliki kemampuan lebih baik dalam mengatur, hendaknya mampu membedakan prioritas utama misalnya untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk biaya pendidikan anak, dengan kebutuhan lainnya seperti untuk berbelanja pakaian, kosmetik. Anda dapat membedakan skala prioritas berdasarkan pada kebutuhan primer, sekunder dan pelengkap.  Cara mengelola keuangan keluarga selanjutnya dengan berpedoman pada syariat Islam adalah:  Mampu menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran dan jangan sampai pengeluaran melebihi pendapatan. Istri sebagai pihak yang mengatur keuangan keluarga, tidak boleh membenahi suami dengan meminta nafkah untuk kebutuhan diluar kemampuan suami sebagai kepala keluarga. Artinya, istri tidak boleh berlaku boros atau konsumtif. Dalam Islam tidak boleh bersikap berlebihan termasuk dalam mengeluarkan uang untuk belanja barang yang tidak diperlukan atau kurang diperlukan sehingga hanya akan menghamburkan uang. Uang yang tersisa dapat dipergunakan untuk menabung yang nantinya dapat digunakan ketika Anda sedang berada dalam kondisi kekurangan dana.

Kedua adalah kewajiban untuk menafkahi orang tua yang membutuhkan. Jika masih memiliki orang tua, kandung ataupun mertua, hendaklah untuk tetap memberikan nafkah sebagai salah satu bentuk perbuatan baik kepada orang tua. Namun, jika sudah tidak memiliki orang tua, Anda dapat membagi rezeki Anda kepada keluarga yang menjadi tanggung jawab Anda ataupun menyumbangkan ke panti jompo.

Tips mengatur keuangan keluarga ketiga adalah istri sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mengatur keuangan keluarga harus bersikap hemat dan teliti serta ekonomis. Sebagai istri yang memiliki kemampuan lebih baik dalam mengatur, hendaknya mampu membedakan prioritas utama misalnya untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk biaya pendidikan anak, dengan kebutuhan lainnya seperti untuk berbelanja pakaian, kosmetik. Anda dapat membedakan skala prioritas berdasarkan pada kebutuhan primer, sekunder dan pelengkap.

Cara mengelola keuangan keluarga selanjutnya dengan berpedoman pada syariat Islam adalah:

  • Mampu menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran dan jangan sampai pengeluaran melebihi pendapatan. Istri sebagai pihak yang mengatur keuangan keluarga, tidak boleh membenahi suami dengan meminta nafkah untuk kebutuhan diluar kemampuan suami sebagai kepala keluarga. Artinya, istri tidak boleh berlaku boros atau konsumtif.
  • Dalam Islam tidak boleh bersikap berlebihan termasuk dalam mengeluarkan uang untuk belanja barang yang tidak diperlukan atau kurang diperlukan sehingga hanya akan menghamburkan uang. Uang yang tersisa dapat dipergunakan untuk menabung yang nantinya dapat digunakan ketika Anda sedang berada dalam kondisi kekurangan dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *