Tujuan & Manfaat Dari Program Perumahan Murah

Perumahan Murah – Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap individu untuk digunakan sebagai tempat berlindung namun tidak semuanya dapat membeli rumah baik dengan cara tunai ataupun kredit. Hal tersebut dikarenakan harga rumah yang semakin lama semakin mahal sedangkan penghasilan masyarakat di Indonesia sebagian termasuk golongan menengah. Program perumahan murah dari pemerintah menjadi solusi bagi masyarakat dengan penghasilan terbatas untuk dapat mencicil membeli rumah yang layak.

Keunggulan Program Perumahan Murah

Program perumahan harga murah dari pemerintah atau program sejuta rumah adalah suatu program dimana pemerintah membangun rumah dan kemudian dijual untuk masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau dan dibantu oleh subsidi dari pemerintah. Tujuan dari program sejuta rumah ini adalah agar masyarakat tetap dapat memiliki rumah yang layak sehingga mengurangi pemukiman kumuh dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Terdapat beberapa keunggulan dari program sejuta rumah yang diberikan oleh pemerintah, yaitu:

  • Uang muka yang murah yaitu sebesar 1% dari harga rumah dan lebih murah jika dibandingkan dengan KPR rumah pada umumnya yaitu sekitar 20-30% dari harga rumah. Dengan uang muka yang ringan, dapat membantu masyarakat kelas menengah ke bawah tidak terlalu membebani saat akan membeli rumah.
  • Bunga rendah yaitu hanya sebesar 5% dan lebih rendah bunga KPR Konvensional yaitu 7,5% sehingga meringankan beban debitor setiap bulannya untuk membayar angsuran.

Lewat program perumahan murah dari pemerintah, saat ini sudah terbangun sekitar 410 ribu rumah dari jumlah target 700 ribu untuk tahun ini. Dari jumlah 410 ribu rumah yang sudah terbangun, 320 ribu unit diperuntukkan untuk masyarakat penghasilan rendah dan 90 ribu unit untuk non-MBR atau masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah yang disediakan Perumnas sebagai developer atau pengembang untuk program sejuta rumah menyediakan perumahan serta rusunawa yang layak dengan harga yang terjangkau untuk para debitor KPR. Perumahan yang dibangun sudah dilengkapi dengan fasilitas yang layak dan nyaman untuk di tinggali. Jadi, pilih rumah dari Perumnas untuk hunian murah, layak dan nyaman untuk di tinggali!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *