Waspada Ketika Janin Sudah Berumur 7 Bulan Dari Hal Berikut

Tepat trimester kehamilan yang terakhir, sebagian besar wanita hamil pasti merasakan sesak nafas karena akibat bertambahnya usia kandungan. Tetapi kondisi seperti ini akan mereda ketika bayi sudah berada pada position siap lahir, dimana posisi kepala bayi sudah berada dibawah. Berbeda kondisinya ketika masih hamil pada usia 6 bulan, dimana nutrisi bayi mencapai titik tertingginya pada trimester ke-3 kehamilan. Dengan demikian, Bunda memerlukan asupan makanan kaya zat besi, protein, kalsium dan asam folat. Nah, semua kandungan nutrisi tersebut bisa Bunda peroleh dari susu Lactamil. Lantas bagaimana proses pertumbuhan janin pada masa hamil 7 bulan? Pada masa kehamilan usia 7 bulan, bayi Bunda diperkirankan hanya berbobot tidak lebih 1 kg.

Selain itu, panjangnya hanya sekitar 38,5-39 cm. Masa hamil 7 bulan tersebut, bayi Bunda dipastikan lebih agresif dan aktif. Sehingga Bunda akan menyadari waktu-waktu ketika bayi aktif bergerak. Bahkan pergerakan bayi tersebut bisa bermanfaat untuk melakukan pendeteksian apakah janin sehat ataukah tidak. Lalu apa yang perlu untuk diperiksakan? Selain hal yang umum seperti pemeriksaan kadar glukosa dan pemeriksaan tekanan darah, terdapat juga beberapa kondisi yang seharusnya perlu Bunda hamil waspadai. Berikut penjelasannya secara detail menurut Lactamil :

  • Adanya Kontraksi Palsu

Pada trimester hamil 7 bulan ini, sebagian besar wanita hamil pasti mengalami dan merasakan kontraksi palsu. Kontraksi tersebut terjadi saat otot rahim Bunda mengencang selama 20-60 detik, bahkan 1,5 menit. Sementara untuk kontraksi asli, biasanya berjalan secara terus menerus tanpa henti. Jika bingung membedakan mana kontraksi asli dan mana kontraksi palsu, bisa Bunda pertanyakan pada dokter spesialis kandungan.

  • Terjadi Wasir

Wasir merupakan hasil pembengkakan dari pembuluh darah yang terjadi dalam anus atau rektum. Kondisi seperti ini sering muncul pada trimester yang ke-3. Nah, pemicu timbulnya wasir juga adanya konstipasi dan saat Bunda berdiri dengan waktu yang lama. Untuk mengatasi permasalahan ini, Bunda bisa memeriksakan ke dokter agar konstipasi tidak  berkembang dan tumbuh menjadi wasir.

Kedua kontraksi tersebut biasanya menjadi salah satu yang perlu di waspadai oleh ibu hamil. Semoga hal ini dapat bermanfaat untuk anda.

sumber artikel kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *